-->

Inilah Bocoran dan Strategi Mujarab dari Para Master Blogger Tentang Rahasia Ratusan Juta Perbulan


Bagaimana Mendapatkan Penghasilan dari Blog Hingga Ratusan Juta Bahkan Milyaran per Bulan



Saya ingat salah seorang teman saya dulu bilang begini:
“Blogger-blogger ini nulis informasi lengkap, bisa diakses tanpa bayar, buat apa ya?”
Lalu teman saya yang lain jawab :
“Mungkinlagi kurang kerjaan, kebanyakan waktu luang“.…Hebat ya blogger?

Kalau anda sering mencari informasi lewat Google, memang sebagian besar jawabannya pasti berasal dari website berbentuk blog.
Artinya blog itu sumber pengetahuan online Yang sangat baik bila di manfaatkan secara positif.Yang perlu din ingat dan di garis bawahi adalah seorang blogger menulis informasi di internet bukan karena mereka “kurang kerjaan atau bukan karena lagi nganggur,Tapi karena mereka bisa mendapatkan uang dari blognya.

Seorang blogger yang blognya sudah sukses mampu menghasilkan lebih dari$100,0000 atau Rp 1 Milyar setiap bulannya.…Hebat kan blogger? Dan bagaimana menurut anda apakah percaya dan yakin atau bahkan cenderung Pesimis he..he..he
Dalam Tulisan ini  saya akan memberitahu anda bagaimana cara mendapatkan uang dari blog dan bagaimana menjadikan blog anda menjadi sebuah bisnis yang mampu menghasilkan tambahan rupiah ke kantong. " It"s ini tulisan ini merupakan terusan saja dari seseorang yang sudah membuktikan gurihnya menjadi seorang blogger sukses. Mari kita ambil pengalan manisnya..

Tahap tahap yang perlu dilewati adalah

Bagian 1
Ini hal-hal yang HARUS anda ketahui.k.a. Mindset seorang blogger yang sukses.
Saya ingin memberitahu anda cara membuat blog yang mampu menghasilkan minimal ratusan juta per bulan.Bukan “cuma” jutaan atau puluhan juta saja.
Caranya tidak sama, dalam prosesnya dan perencanaannya ada beberapa hal yang harus anda terapkan.
Pertama, ini yang perlu saya beritahu: 90% dari apa yang anda baca di forum-forum dan blog internet marketing itu omong kosong."Serius Saya tidak membesar-besarkan".
Bahkan menurut informasi dari para blogger-blogger yang sukses, mereka juga tidak melakukan 90% dari hal-hal konyol yang diajarkan di forum dan blog.

Baca sendiri kalau tidak percaya, karena itu lupakan 90% hal yang buang-buang waktu.
Saya akan mengajarkan anda untuk fokus yang 10% sisanya.


Mari kita mulai……
Inilah 8 fakta yang perlu anda ketahui:
** 1.Sebenarnya Blogging bukan cara termudah untuk mendapatkan uang.Blogging sangat sulit dan butuh kesabaran yang super tinggi.Mereka yang sukses dalam blogging adalah mereka yang memang benar-benar suka dengan dunia ini.Bukan hanya karena terpancing dengan uang.
Blogger itu mesti konsisten.Anda tidak bisa langsung mendapatkan penghasilan di hari pertama.
Bahkan mungkin setelah 6 bulan – 1 tahun blogging secara konsisten barulah anda bisa mulai mendapatkan penghasilan.
Dalam rentang waktu Yang cukup lama sampai berbulan-bulan itu anda mesti konsisten menulis dan mengembangkan blog tanpa dibayar sepeser pun.
Artinya begini…Kalau anda sekarang sedang butuh penghasilan cepat, JANGAN membuat blog untuk mendapatkan uang. Percuma, seminggu kemudian pasti sudah bosan.Tapi kalau anda butuh hobi atau pekerjaan sampingan yang berpotensi menjadi sumber penghasilan, silahkan lanjutkan.
Kalau anda butuh penghasilan dalam waktu singkat, blogging bukan jawabannya.

Click To Tweet 
** 2. Mendapatkan penghasilan = mendapatkan traffic Ini poin terpenting yang harus anda ketahui.Hmmm artikel yang sedang anda baca ini sudah di-edit berkali-kali.
Ketika pertama kali diterbitkan, banyak yang protes.Katanya “Ini kan artikel tentang mendapatkan uang, kenapa yang dibahas malah cara-cara mengembangkan blog". Bukan cara mendapatkan uangnya?
Begini logikanya sebuah blog tanpa traffic mustahil bisa mendapatkan penghasilan.Karena itu untuk bisa mendapatkan uang, maka fokus utama anda adalah traffic.
Entah nanti sumber penghasilannya dari mana, terserah anda……sama saja.Mau pakai iklan AdSense, iklan pribadi, melakukan affiliate marketing, menjual produk sendiri, menjual jasa/layanan, semuanya sama saja.
Yang penting punya traffic atau pengunjung blog dulu.Maka dari itu yang dibahas di artikel ini adalah strategi-strategi mengembangkan blog dan mendapatkan traffic ke blog.Apapun sumber penghasilan blog anda, mustahil bisa menghasilkan uang tanpa traffic.Untuk Click To Tweet Ikuti kursus strategi meningkatkan traffic dari Panduan IM. Dikirimkan seminggu sekali ke email anda. Gratis!Jadi Intinya adalah Tidak ada sumber penghasilan yang bisa mendatangkan uang kalau anda tidak mampu mendatangkan pengunjung ke blog.

** 3. Karena itu, jangan memikirkan pendapatan dulu sebelum punya 100 pengunjung per hari
Kalau anda sibuk memikirkan uang, maka fokus anda akan terpecah antara mengembangkan blog dan mendapatkan uang.Fokus utama kita, tetap, mengembangkan blog.Kalau anda sudah berhasil mendapatkan 100 pengunjung per hari, barulah mulai memikirkan bagaimana cara mendapatkan uang dari blog tersebut.
Perlu di garis bawahi kembali bahwa Blog berbahasa Indonesia sebaiknya minimum 500 pengunjung per hari.Ini karena penghasilan dari blog Indonesia lebih kecil, rata-rata cuma $0.1 per 100 visitor per hari (AdSense). Seribu rupiah.100 per hari itu untuk blog berbahasa Inggris.

** 4. Jangan di paksakan untuk membuat blog berbahasa Inggris tanpa lancar Bahasa Inggris
Ini seharusnya sudah jelas tapi banyak juga dari mereka yang memaksakan membuat blog Bahasa Inggris cuma karena penghasilannya lebih besar.
Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh pembaca PanduanIM:“Saya mau bikin blog Bahasa Inggris tapi saya nggak bisa Bahasa Inggris, gimana ya?"Solusinya gampang Jangan bikin blog berbasaha Inggris (Bikin sih boleh…tapi sekedar buat belajar) 
Memang betul bahwa penghasilan blog berbahasa Inggris (jauh) lebih besar daripada blog Indonesia.
Tapi jauh lebih sulit.
Pertama, ada kendala bahasa.Bayangkan kalau ada orang bule yang Bahasa Indonesianya berantakan, lalu dia nulis artikel berbahasa Indonesia.Pasti jadi tidak enak dibaca.Yang namanya blog, kalau tidak enak dibaca, saya berani jamin tidak akan bisa mendapatkan banyak pengunjung. Apalagi uang.
Kedua, blog berbahasa Inggris persaingannya sangat ketat dan super berat.Maka dari itu, di sarankan  membuat blog berbahasa Indonesia dulu sampai berhasil.Setelah itu baru coba terjun ke Bahasa Inggris kalau anda lancar menulis dalam Bahasa Inggris.

** 5. SEO itu penting tapi jangan buang-buang waktu dengan SEO
Teknik SEO itu penting tapi sebetulnya tidak penting untuk blogger.Wah gimana tuh…Begini maksud saya… SEO itu ilmu yang beragam, dari A-Z. Ada ilmu-ilmu dalam SEO yang perlu anda ketahui, tapi sebagian besar tidak usah diambil pusing.
Ini yang harus anda ketahui:
*.Seperti apa prinsip kerjanya
*.Mengapa sebuah website bisa masuk halaman 1
*.Istilah-istilahnya
*.Bagaimana supaya blog kita bisa jadi peringkat 1
Tapi ingat Faktor penentu kesuksesan blog itu bukanSEO.Yang menentukan kesuksesan blog anda adalah kualitas dari kontennya dan cara anda melakukan pemasaran.
SEO itu ilmu penunjang.Blogger sering pusing dengan urusan SEO ini (padahal tidak penting):
1.Kecepatan website
2.Skor SEO
3.Template yang SEO friendly
4.Mobile-friendly/responsif
5.Mencari backlink dari blogwalking, social bookmarking, guestbook, dll.
Blog itu bentuk website yang strukturnya paling sederhana. Meskipun anda tidak melakukan optimasi nomor 1-4, blog anda tetap bisa masuk halaman 1.Pengaruhnya hampir nol.Sedangkan yang nomor 5, backlink seperti itu tidak ada pengaruhnya sama sekali. Ini cara mendapatkan backlink yang benar.Okelah, SEO itu penting……tapi sebagian besar SEO untuk blog itu letaknya pada pembuatan konten dan pemasaran. 
2 hal itu yang terpenting.5 hal tadi tidak penting.Nggak percaya?Coba pilih salah satu blog terbesar yang anda ketahui. Lalu cek skor SEO-nya dari situs pengecekan yang manapun, terserah anda.Sebagian besar skornya di bawah rata-rata.Saya ambil contoh Quicksprout, blog terbesar di dunia yang membahas tentang SEO dan online marketing:Skornya cuma 65.Kalau anda ingin mendapatkan pengunjung blog, SEO saja tidak akan cukup 

** 6. Coba hindari menggunakan AdSense sebagai sumber pendapatan 
AdSense itu sumber pendapatan blogger Indonesia yang paling umum.Karena sangat  muda tinggal daftar, tunggu diterima, pasang kode di blog.Dan tinggal tunngu Duit  mengalir.
Maka dari itu AdSense banyak digunakan oleh blogger.
Tapi ada fakta yang menyedihkan:Pendapatan dari iklan itu JAUH lebih kecil dari pada yang lain.Alasannya?Penghasilan per klik untuk Indonesia di AdSense rata-rata hanya $0,04 dengan rasio klik (RTK atau CTR) rata-rata di bawah 3%.Artinya kalau kita punya 10.000 pengunjung sehari, hanya 300 orang yang klik iklan. 300 orang dikali $0,04 berarti pendapatan anda cuma $12 sehari.Dari 10ribu cuma $12! Padahal kalau anda punya pengunjung sebanyak itu dan dengan sumber pendapatan lain, penghasilan anda per hari bisa lebih dari sejuta.
Bayangkan:Kalau kita jual produk digital atau mempromosikan produk affiliate, keuntungan per penjualan $5 (nilainya saya buat sangat rendah).Dari 10ribu orang, yang beli 0.5% atau 50 orang (ini juga saya rendahkan). Berarti kita sudah dapat $250 per hari.Jauh lebih besar kan?Lebih dari 20x lipat.
Tapi ada pengecualian:Untuk blog yang memiliki banyak topik (istilahnya blog gado-gado) biasanya memang iklan yang paling efektif karena akan sulit menjual produk/layanan dengan blog bertopik lebih dari 1.

**7. Berusaha menghindari blog gado-gado. 
Pilih SATUtopik utamaBlogger-blogger pemula biasanya suka membuat blog “gado-gado”.Artinya dalam satu blog itu topiknya bermacam-macam. Kadang tentang teknologi, kadang bisnis, kesehatan, agama, seks, berita, dan lain-lain.Enak memang membuat blog gado-gado.Lebih mudah karena kita bisa menulis apapun semau kita, apapun topik yang sedang hangat.Tapi ada kelemahan yang sangat besar.Mengembangkan blog gado-gado hingga menjadi blog besar SANGAT susah.

Alasannya:
 1.Mereka tidak punya pembaca setia
2.Pengunjung tidak akan merekomendasikan blog gado-gado ke orang lain
3.Sulit mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari
4.Harus punya banyak konten untuk bisa sukses. 
Kalau digambarkan kira-kira seperti ini:Karena topiknya banyak, jadi tidak ada yang setia. Dibandingkan blog yang fokus dalam satu topik, sangat sulit untuk bisa sukses dengan gado-gado.Satu-satunya pengecualian membuat website dalam banyak topik hanya kalau anda membuat situs portal berita (seperti Kompas, Liputan6) atau konten viral (seperti Hipwee, BuzzFeed).Tapi ingat, keduanya butuh biaya besar.Kalau anda ingin memulai dari NOL, blog dengan 1 topik punya kemungkinan terbesar untuk sukses.

**8. Seberapa sering sebaiknya blog baru menerbitkan konten?
Apakah 1 artikel sehari atau 2 artikel sehari atau bahkan 10 artikel sehari?
Sebetulnya tergantung dari tipe blog anda.Tapi biasanya sekali sehari itu sudah kebanyakan, apalagi kalau anda hanya penulis seorang diri. Keburu capek duluan sebelum sukses.Secara teori, memang blog yang menerbitkan banyak artikel akan lebih cepat ramai.…karena lebih banyak artikel, lebih banyak yang muncul di search engine, lebih banyakyang share, akhirnya lebih banyak pengunjung.
Tapi dalam prakteknya, tidak semudah itu.
Bagi blogger baru tidak mudah untuk membuat banyak konten berkualitas dalam waktu singkat.
Kalau anda menerbitkan banyak konten, justru kualitasnya akan menurun.
Ini 3 contoh blog dalam kategori bisnis & marketing:
"Strategi Manajemen– 1 penulis, 2 konten per minggu, ~1000 kata
"Maxmanroe– banyak penulis, 6 konten per hari, ~700 kata
"PanduanIM– 1 penulis, 1 konten per bulan, ~3000 kata
"StartupBisnis– banyak penulis, 2 konten per hari, ~600 kata Maxmanroe dan Startup Bisnis punya banyak penulis, karena itulah mereka bisa menerbitkan banyak artikel berkualitas dalam sehari. Sedangkan Strategi Manajemen dan Panduan IM hanya dikelola oleh 1 orang, sehingga frekuensinya lebih rendah.Meskipun berbeda, tapi semuanya bisa berhasil.Kesimpulannya, frekuensi tidak berpengaruh terhadap kesuksesan.Kualitas lah yang menentukan.
Tips saja terbitkan 1-2 konten per minggu untuk blog baru, setelah beberapa minggu sesuaikan frekuensinya dan tingkatkan kualitasnya.


Bagian  II 

Langkah-langkah menciptakan blog yang mampu menghasilkan ratusan juta Rupiah 
Bayangkan saja dulu kita akan membuat blog yang bernilai ratusan juta hingga milyaran Rupiah per bulan.Bukan hanya 1-10 juta ..ada perbedaan besar dalam keduanya. Sama seperti bisnis. Tidak semua bisnis berpotensi menghasilkan lebih dari ratusan juta, tergantung dari jenisnya, caranya mengelola, dan cara anda mengembangkan.

Inilah langkah yang harus anda lakukan:
Langkah 1
 – Pilih topik yang tepat untuk anda, ini caranya Tak peduli seberapa kerasnya usaha anda, kalau topiknya salah maka blog anda tidak akan pernah berhasil. Dan mungkin sangat Menyedihkan…Karena itulah tahap pemilihan topik merupakan yang terpenting. Topik blog anda baiknya merupakan kombinasi dari:
^ Sesuatu yang merupakan keahlian/minat anda
^ Sesuatu yang diminati dan bernilai bagi banyak orang. Maka disinilah banyak yang akan terhambat. Biasanya, topik yang diminati sudah dipenuhi oleh blog-blog raksasa. Atau topik tersebut tidak diminati oleh banyak orang (tidak bernilai tinggi). Meskipun demikian kalau anda mengesampingkan minat, maka proses pembuatan konten akan terasa sangat berat. 

Untuk memilih topik, pertimbangkan ini:
1.Apakah topik tersebut masih akan populer dalam jangka panjang?
2.Apakah peminatnya banyak?
3.Apakah ada banyak yang bisa dibahas dalam topik tersebut?
4.Apakah sudah ada blog raksasa dalam topik tersebut?
5.Mampukah anda membuat konten yang lebih baik daripada mereka

 Minat memang penting tapi kalau topik yang anda minati tidak layak, minimal topik yang anda pilih memenuhi kelima pertimbangan di atas.
Langkah 1.5 – Instalasi blog (dengan WordPress) Singkat saja, bagian ini khusus untuk anda yang belum punya blog. Kalau sudah punya, lanjutkan ke langkah
2.Prosesnya tidak sulit, sangat mudah…Tapi kalau dijelaskan akan panjang.Karena itu saya memisahkanpanduan untuk membuat blog dengan WordPress.

Langkah 2
 – Temukan tempat berkumpulnya mereka yang antusias dengan topik tersebutIni langkah terpenting dalam proses pembuatan blog.
Prosesnya seperti ini:
1.Cari situs komunitas onlineyang tepat
2.Bangun reputasi di komunitas tersebut
3.Perkenalkan (konten) blog anda di sana
Ketiga langkah ini seringkali dilewatkan. Biasanya sih karena malas, malu, atau hanya ingin bergantung pada Google untuk mendatangkan traffic. Kalau anda seperti itu, akan sangat lama sampai blognya jadi sukses .

Lalu bagaimana cara mencari komunitasnya?
*.Search di Google dengan keyword: “forum[topik]”
*.Search di Facebook dengan keyword: “groups about [topik]”
Komunitas-komunitas ini nantinya akan sangat banyak membantu perkembangan blog anda terutama dalam 6 bulan pertama, sebelum peringkat di Google stabil.
Sebagai gambaran:Traffic PanduanIM.com dalam 3 bulan pertama sebagian besar berasal dari situs komunitas (Social dan Referral).
Sebelum mendatangkan traffic, situs komunitas juga bisa digunakan dalam proses pembuatan konten. Dijelaskan dalam langkah berikutnya.

Langkah 3 

– Temukan permasalahan terbesar dalam topik yang anda pilih
Ada 2 tema konten yang paling umum digunakan dalam blogging
*.Panduan
*.InformasiKedua tema ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan pembaca. Jadi kalau anda ingin sukses memancing pengunjung ke blog anda, maka konten yang disediakan harus mampu menyelesaikan permasalahan mereka. 
Ini berdasarkan pengalaman: Untuk blog baru, cara tercepat untuk sukses adalah dengan menyediakan konten berupa solusi dari permasalahan terbesar yang ada dalam topik tersebut .
Masalah terbesar yang selalu menjadi permasalahan utama bagi orang yang baru mengenal topik utama blog anda. 
Misalnya: Saya membuat blog tentang dunia kerja. Permasalahan terbesar dalam topik tersebut salah satunya adalah “cara mendapatkan pekerjaan”. Betul, kan? Maka ketika blog masih baru, gunakan lah permasalahan tersebut sebagai topik konten.

Langkah 4 

– Buat konten terbaik yang menyelesaikan permasalahan terbesar
Ini…Kalau anda tidak bisa melakukan ini, jangan harap bisa menciptakan blog yang bernilai ratusan juta Rupiah. Coba dipikirkan kalau dalam suatu topik sudah ada sebuah artikel yang kualitasnya cukup bagus. Kemudian anda membuat artikel dengan kualitas yang lebih rendah. Apakah bisa jadi lebih sukses daripada yang pertama tadi? Sesuatu yang sanagat Mustahiltentunya. Makanya setiap konten yang anda buat harus yang terbaik daripada yang lain. Buatlah konten yang membuat pembaca blog anda berekspresi seperti ini. Masih ingat tadi saya bilang bahwa anda sebaiknya tidak perlu menerbitkan konten terlalu sering? Itulah alasannya lebih baik fokus membuat 1 buah konten dengan kualitas terbaik, daripada membuat10 konten yang biasa-biasa saja. Karena konten yang biasa-biasa saja tidak akan bisa jadi populer, berapapun banyaknya. 


Konten berkualitas tinggi proses pembuatannya lebih lama. Di PanduanIM, 1 konten (artikel) biasanya memakan waktu minimal 3 hari.…makanya tidak akan bisa membuat konten berkualitas setiap hari. 

Baca panduan ini kalau anda ingin mempelajari 
Metode KTP untuk membuat konten berkualitas.

Langkah 5 – Promosikan konten terbaik anda untuk mendapatkan ledakan pengunjung. Saya sering ditanyai seperti ini oleh pembaca:“Saya sudah punya banyak konten di blog, kenapa belum juga punya banyak pengunjung? Kenapa belum bisa peringkat 1 di Google?”Lalu saya tanya balik:“Kontennya apa sudah dipromosikan?”Biasanya jawabannya belum……ya wajar kalau masih sepi, mana bisa orang lain tiba-tiba secara ajaib ketemu dengan konten anda kalau bukan anda yang memberitahu mereka? Inilah yang membedakan blogger yang sukses dan yang gagal. Mereka yang sukses aktif mempromosikan konten-konten terbaiknya. Sementara yang gagal hanya menunggu rangking di Google.Konten sebagus apapun tidak akan pernah jadi populer kalau tidak dipromosikan. Jangan juga berharap bisa mendapatkan peringkat 1 di Google kalau anda tidak berusaha 
mempromosikan konten. Itulah mengapa promosi konten sangat penting untuk perkembangan blog. 

Langkah 6 – Bangun reputasi, kredibilitas, dan hubungan dengan audiens. Ingat kembali ketika anda menggunakan Google Search untuk mencari informasi.
Ada 2 jenis website:
Pertama, website yang ‘terlupakan’.Entah karena kontennya kurang bagus, desainnya tidak menarik, atau karena pemiliknya tidak mengajak berinteraksi. Ketika tab browser ditutup, kita langsung lupa dengan keberadaannya.
Kedua, website yang ‘menonjol’.Website yang kontennya luar biasa. Ketika selesai membaca, rasanya ingin simpan/bookmark halamannya, like/follow akunnya, atau daftar jadi anggota via email.  
Website tipe kedua yang akan sukses.

Kalau anda ingin membuat blog tipe kedua lakukan ini:
1.Aktif berkontribusi di komunitas yang tepat
2.Ajak pembaca like/follow akun social anda
3.Lakukanlist building
4.Bicara dengan pembaca anda Untuk membangun hubungan, reputasi, dankredibilitas, mengandalkan SEO saja sangat tidak cukup. Pengunjung dari mesinpencari akan langsung pergi kalau tidak anda ajak berinteraksi. Padahal ketiganya adalah kunci kesuksesan blog. Ketika anda sudah dianggap kredibel, mereka akan lebih percaya untuk membeli apapun yang anda jual.

Bagian  III 
– Tentukan sumber pendapatan blog
Ketika blog kita sudah mencapai target jumlah pengunjung tertentu, barulah kita sekarang bisa memikirkan pendapatan. Seperti yang sudah saya jelaskan tadi bahwa Tidak penting sumber pendapatan manapun yang anda gunakan. Selama ada traffic yang tepat sasaran, dan selama anda punya kredibilitas, pendapatan akan lancar. Jadi jangan pusing dengan yang satu ini.

Berikut ini adalah 4 jenis sumber pendapatan blog diurutkan dari yang palingt inggi potensi keuntungannya ke yang paling rendah.
1. Membuat produk
Produk merupakan pilihan terbaik untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Ini karena keuntungannya 100% jadi milik anda, tidak dibagi dengan pihak lain. Ada 2 jenis produk yang bisa anda buat yaitu Digital dan fisik. Produk digital berarti produk yang adanya di dalam komputer anda tanpa bentuk fisik. 

Berikut ini beberapa contoh produk digital seperti 
1.Ebook 
2.Video tutorial
3.eCourse, kursus online
4.Webinar (Web seminar)
5.Membership berbayar
6.Foto dan audio
7.Aplikasi, template, plugin
8.SaaS (Software as a Service)
9.Website (jual-beli website)
Beberapa contoh seperti ebook, video, ecourse, sangat mudah proses pembuatannya. Hampir sama seperti pembuatan konten biasa, hanya saja dalam bentuk lain. Kalau anda tertarik membuat produk digital,ikuti panduan bisnis online ini.
Dan berikut ini contoh produk fisik:
1.Buku
2.DVD
3.Kursus/kelas
4.Produk kreatif
5.Produk manufaktur
6.MerchandiseSebagai blogger, anda sebaiknya punya rencana jangka panjang untuk membuat produk……entah itu fisik atau digital.
Blog merupakan tempat yang sangat baik untuk mempromosikan produk, apalagi kalau anda sudah punya pembaca yang loyal. Mereka akan setia menunggu produk dari anda.Dan yang jelas produk anda harus sama kategorinya dengan blog.

2. Program afiliasi (Affiliate program)
Ada juga orang yang tidak ingin membuat produk sendiri. Alasannya karena repot proses pembuatannya, mengurus pembayarannya,dan mengurus customer service-nya. Untuk itu menjadi affiliate marketing bisa jadi alternatif yang juga bagus. Prosesnya seperti ini jika Anda memilih produk afiliasi untuk dijual. Lalu anda mempromosikan produk tersebut. Ketika ada pengunjung yang membeli dari anda, maka anda akan mendapatkan komisi. Jadi kita mendapatkan sekian persen dari harga produk.

Ada 2 cara anda bisa mulai mempromosikan produk afiliasi. 
Pertama, dengan bergabung dalam Affiliate Network. Kedua, dengan cara mencari langsung program afiliasi individu yang ada. 
Berikut ini beberapa contoh affiliate network yang populer:
1.Amazon – produk fisik
2.Clickbank – produk digital
3.ShareASale – berbagai produk dan layanan
4.CJ – berbagai produk dan layanan
5.Rakuten Linkshare – berbagai produk dan layanan
6.WarriorPlus, JVZoo – produk internet marketing
7.Envato – produk untuk web developerdan desain grafisBaca artikel ini kalau anda ingin memanfaatkan blog untuk mempromosikan produk afiliasi.Selain program afiliasi, anda juga bisa mencoba CPA Marketing

3. Jasa atau layanan
Bisa juga dengan menjual jasa yang sesuai dengan topik utama blog anda.Misalnya anda punya blog tentang manajemen bisnis, maka anda bisa membuat pelatihan manajemen bisnis ataujasa konsultasi manajemen bisnis.
Berikut ini beberapa contoh penjualan jasa yang dapat dilakukan melalui blog:
1.Web developer
2.App developer
3.Desain grafis
4.Social media manager
5.Pembicara
6.Pelatih/tutor
7.Penulis
Harga dari jasa biasanya relatif lebih tinggi daripada produk, tapi ada kelemahannya.Produk bisa dilipat-gandakan dengan mudah sedangkan jasa tidak bisa. Maka dari itu banyak orang yang sekarang “memprodukkan jasanya”.Apaan tuh? Artinya membuat produk berdasarkan jasa yang dia tawarkan. Misalnya anda punya jasa pelatihan SEO…daripada menjalankan pelatihan berkali-kali, anda bisa membuat kursus online (yang isinya direkam)Dengan demikian kita bisa memberikan pelatihan kepada banyak orang sekaligus tanpa mengulang-ulang prosesnya. Ada juga model bisnis yang sudah disebukan di atas, yaitu SaaS. Mengubah layanan menjadi software.  Misalnya Mint, konsepnya adalah layanan pengelolaan keuangan. Dari konsep ini mereka membuat software.

4. Publisher iklan
Iklan yang saya maksud disini bukan hanya AdSense dan jaringan iklan lain, ada banyak jenis iklan lain yang bisa anda manfaatkan.
Berikut ini beberapa jenis iklan:
1.Pay per Post, dibayar untuk setiap artikel yang anda tulis
2.Text link, iklan berupa link
3.Lowongan kerja
4.Sponsorship
5.Ad Network (AdSense) Bukannya AdSense itu tidak bagus……tapi rasio penghasilan dari iklan JAUH lebih kecil daripada kalau anda menjual produk atau jasa sendiri. Jadi kerja keras yang sudah anda lakukan tidak menjadi penghasilan yang optimal. Meskipun begitu, ada kondisi dimana 

AdSense menjadi pilihan satu-satunya:
Pertama kalau tidak ada produk/jasa yang bisa dijual terkait blog anda. Misalnya blog yang berisi konten-konten hiburan atau blog dengan banyak topik.Sehingga tidak ada produk yang bisa dijual. Kasus lain, kalau anda punya lebih dari 1 blog sehingga tidak sempat untuk membuat banyak produk apalagi menjual jasa untuk masing-masing blognya. Dalam 2 kondisi ini iklan menjadi pilihan satu-satunya.Sekarang giliran anda…Menjadi blogger itu pekerjaan yang mulia.Kita memberikan informasi yang berharga kepada orang lain…secara gratis. Kita menolong banyak orang untuk memecahkan masalah dengan cara memberikan solusi .Dan sambil melakukan hal positif sep
erti itu, kita mendapatkan penghasilan. Tapi ada 2 yang sangat disayangkan:Pertama, pekerjaan sebagai blogger profesional belum dianggap di Indonesia (bahkan dunia). Kalau anda bilang kepada orang lain bahwa anda bekerja sebagai blogger, anda bisa dikira tidak serius.
Kedua, sebagian besar melakukan dengan cara yang salah.Misalnya dengan membuat konten-konten yang merupakan hasil duplikasi dari orang lain.Atau menggunakan trik-trik licik seperti black hat SEO yang merugikan orang lain.Untuk itu saya butuh bantuan ada…Jadilah blogger sukses yang berjalan di jalur yang benar. Bantulah orang lain dengan cara membagikan pengetahuan anda. Hindari trik-trik yang merugikan.




















Selamat menikmati
Posted via Blogaway Pro

0 Response to "Inilah Bocoran dan Strategi Mujarab dari Para Master Blogger Tentang Rahasia Ratusan Juta Perbulan"

Post a Comment